KONSEP ANAK CIBI
A.
Definisi
Anak Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa
Anak yang
memiliki potensi kecerdasan dan
bakat istimewa (gifted) adalah anak yang
secara significant mempunyai IQ 140 atau
lebih, potensi diatas rata-rata dalam bidang kemampuan umum, akademik khusus,
kreativitas, kepemimpinan, seni dan olahraga. Anak berkebutuhan khusus atau gifted adalah
anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa
selalu menunjukan pada ketidak
mampuan mental,
emosi atau fisik.
Anak Cerdas Istimewa Bakat
istimewa adalah anak yang memiliki kemampuan intelektual
tinggi (gifted) serta menunjukan penonjolan kecakapan khusus yang bidangnya
berbeda-beda antara anak satu dengan anak yang lain (talented). Sedangkan menurut renzuli, anak berbakat mmemiliki
pengertian, “Anak berbakat merupakan satu interaksi di
antara tiga sifat dasar manusia yang menyatu ikatan terdiri dari kemampuan umum
dengan tingkatnya di atas kemampuan rata-rata, komitmen yang tinggi terhadap
tugas-tugas dan kreativitas yang tinggi. Anak berbakat ialah anak yang memiliki
kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikan
dalam setiap tindakan yang bernilai”.
B.
Karakteristik
Anak Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa
Ada beberapa perbedaan karakteristik
anak CIBI dari berbagai sudut pandang atau pendapat yang berbeda.
Pada umumnya karakteristik anak CIBI ada tiga komponen utama
yaitu :
1.
Memiliki kemampuan intelektual (IQ) di atas rata-rata
2.
Kreativitas tinggi
3.
Komitmen terhadap tugas yang cukup tinggi
Selain itu, ada beberapa tambahan pendapat lain mengenai karakteristik anak CIBI yaitu :
Menurut Linda Kreger Silverman, karakteristik anak CIBI adalah sebagai berikut
Selain itu, ada beberapa tambahan pendapat lain mengenai karakteristik anak CIBI yaitu :
Menurut Linda Kreger Silverman, karakteristik anak CIBI adalah sebagai berikut
a.
Lancar menggunakan computer
b.
Memiliki penjelasan yang bagus
c.
Memiliki pendengaran yang tajam
d.
Memiliki banyak ide menarik
e.
Rasa ingin tahu yang tinggi
f.
Perseptif dan insightfull
g.
Rasa humor yang tinggi
h.
Memiliki ingatan jangka panjang yang sangat baik
i.
Sangat kreatif dan imajinatif
j.
Memahami konsep-konsep abstrak
k.
Dapat melakukan pekerjaan yang menantang dengan baik
l.
Penguasaan kosakata yang luas
m. Pengamat yaang hebat
n.
Pemahaman yang baik
o.
Memiliki kemampuan verbal yang tinggi dalam diskusi
Apabila
dilihat dari kemampuan –kemampuan yang membedakan mereka dari anak-anak
sebayanya, maka kita akan menemukan karakteristik – karakteritik berikut
pada anak-anak berbakat.
Karakteristik kognitif
a. Kualitas
luar biasa di informasi
b. Ingatan yang
kuat
c. Kebiasaan
perubhan minat & keinginan kemampuan menghasilkan ide-ide dan solusi yang
asli’
Karakteristik bahasa
a. Kemampuan
verbal
b. Perkembangan
yang tinggi pada pengenalan bahasa dan penulisan bahasa.
c. Perkembangan
yang baik pada perkembangan sensorik
d. Tidak kebal
untuk keretakan kekurangan integrasi di antara pikiran dan badan.
Karakteristik afektik
a. Pendekatan
evaluasi terhadap diri sendiri dan lainya.
b. Gigih,
tujuan perilaku tak langsung.
c. Kepekaan
yang tak bias untuk harapan & perasaan orang lain.
d. Tingginya
kesadaran diri, menyesuaikan dengan perbedaan perasaan.
e. Perkembangan
awal dalam focus of control dan kepuasan kedalam dan identitas emosional
yang tidak biasa.
f. Harapan yang
tinggi dan lainya, sering menuju tingkat frustasi dirinya, lainya dan
situasinya.
g. Kemampuan
tingkat perkembangan moral.
h. Kemajuan
kognitif dan kapasitas afektif dan konseptualisasi dan pemecahan masalah
sosial.
Karakteristik
Intelektual-Kognitif
a. Menunjukkan
atau memiliki ide-ide yang orisinal,gagasan-gagasan yang tidak lazim, pikiran-pikiran
kreatif.
b. Mampu
menghubungkan ide-ide yang nampak tidak berkaitan menjadi suatu konsep yang
utuh.
c. Menunjukkan
kemampuan bernalar yang sangat tinggi.
d. Mampu
menggeneralisir suatu masalah yang rumit menjadi suatu hal yang sederhana dan
mudah dipahami.
e. Memiliki
kecepatan yang sangat tinggi dalam memecahkan masalah.
f.
Menunjukkan
daya imajinasi yang luar biasa.
g. Memiliki
perbendaharaan kosakata yang sangat kaya dan mampu mengartikulasikannya dengan
baik.
h. Biasanya fasih
dalam berkomunikasi lisan, senang bermain atau merangkai kata-kata.
i. Sangat cepat
dalam memahami pembicaraan atau pelajaran yang diberikan.
j. Memiliki daya
ingat jangka panjang (long term memory) yang kuat.
k. Mampu menangkap
ide-ide abstrak dalam konsep matematika dan/atau sains.
l. Memiliki
kemampuan membaca yang sangat cepat.
m. Banyak gagasan
dan mampu menginspirasi orang lain.
n. Memikirkan
sesuatu secara kompleks, abstrak, dan dalam.
o. Mampu
memikirkan tentang beragam gagasan atau persoalan dalam waktu yang bersamaan
dan cepat mengaitkan satu dengan yang lainnya.
Karakteristik
Persepsi/Emosi
a. Sangat peka
perasaannya.
b. Menunjukkan
gaya bercanda atau humor yang tidak lazim (sinis, tepat sasaran dalam
menertawakan sesuatu hal tapi tanpa terasa dapat menyakiti perasaan orang
lain).
c. Sangat
perseptif dengan beragam bentuk emosi orang lain (peka dengan sesuatu yang
tidak dirasakan oleh orang-orang lain).
d. Memiliki
perasaan yang dalam atas sesuatu.
e. Peka dengan
adanya perubahan kecil dalam lingkungan sekitar (suara, aroma, cahaya).
f. Pada umumnya
introvert.
g. Memandang suatu
persoalan dari berbagai macam sudut pandang.
h. Sangat terbuka
dengan pengalaman atau hal-hal baru
i. Alaminya
memiliki ketulusan hati yang lebih dalam dibanding anak lain.
Karakteristik
Motivasi dan Nilai-Nilai Hidup.
a Menuntut
kesempurnaan dalam melakukan sesuatu (perfectionistic).
b Memiliki dan
menetapkan standar yang sangat tinggi bagi diri sendiri dan orang lain.
c Memiliki rasa
ingin tahu dan kepenasaran yang sangat tinggi.
d Sangat mandiri,
sering merasa tidak perlu bantuan orang lain, tidak terpengaruh oleh hadiah
atau pujian dari luar untuk melakukan sesuatu (self driven).
e Selalu berusaha
mencari kebenaran, mempertanyakan dogma, mencari makna hidup.
f Melakukan
sesuatu atas dasar nilai-nilai filsafat yang seringkali sulit dipahami orang
lain.
g Senang
menghadapi tantangan, pengambil risiko, menunjukkan perilaku yang dianggap
“nyerempet-nyerempet bahaya”.
h Sangat peduli
dengan moralitas dan nilai-nilai keadilan, kejujuran, integritas.
i
Memiliki minat yang beragam dan terentang luas.
Karakteristik Aktifitas
a. Punya energi
yang seolah tak pernah habis, selalu aktif beraktifitas dari satu hal ke hal
lain tanpa terlihat lelah.
b. Sulit memulai
tidur tapi cepat terbangun, waktu tidur yang lebih sedikit dibanding anak
normal.
c. Sangat waspada.
d. Rentang
perhatian yang panjang, mampu berkonsentrasi pada satu persoalan dalam waktu
yang sangat lama.
e. Tekun, gigih,
pantang menyerah.
f. Cepat bosan
dengan situasi rutin, pikiran yang tidak pernah diam, selalu memunculkan hal-hal
baru untuk dilakukan.
g. Spontanitas
yang tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Kustawan Dedy, M.pd Drs. April 2013. Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta. PT
Luxima Metro Media..
Hidayat
S.D.dkk. (2013) Mengembangkan Pendidikan Bagi Perserta Didik
Cerdas Istimewa & Bakat Istimewa (CIBI). Jakarta. PT Luxima
Metro Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar