Senin, 02 Januari 2017

Konsep Anak CIBI



KONSEP ANAK CIBI

A.    Definisi Anak Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa
        Anak yang memiliki potensi kecerdasan dan  bakat istimewa (gifted) adalah anak yang secara significant  mempunyai IQ 140 atau lebih, potensi diatas rata-rata dalam bidang kemampuan umum, akademik khusus, kreativitas, kepemimpinan, seni dan  olahraga. Anak berkebutuhan khusus atau gifted adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidak mampuan mental, emosi atau fisik.
        Anak Cerdas Istimewa Bakat istimewa adalah anak yang memiliki kemampuan   intelektual tinggi (gifted) serta menunjukan penonjolan kecakapan khusus yang bidangnya berbeda-beda antara anak satu dengan anak yang lain (talented). Sedangkan menurut renzuli, anak berbakat mmemiliki pengertian, “Anak berbakat merupakan satu interaksi di antara tiga sifat dasar manusia yang menyatu ikatan terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatnya di atas kemampuan rata-rata, komitmen yang tinggi terhadap tugas-tugas dan kreativitas yang tinggi. Anak berbakat ialah anak yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikan dalam setiap tindakan yang bernilai”.

B.     Karakteristik Anak Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa
Ada beberapa perbedaan karakteristik anak CIBI dari berbagai sudut pandang atau pendapat yang berbeda.
Pada umumnya karakteristik anak CIBI ada tiga komponen utama yaitu :
1.         Memiliki kemampuan intelektual (IQ) di atas rata-rata
2.         Kreativitas tinggi
3.         Komitmen terhadap tugas yang cukup tinggi
Selain itu, ada beberapa tambahan pendapat lain mengenai karakteristik anak CIBI yaitu :
Menurut Linda Kreger Silverman, karakteristik anak CIBI adalah sebagai berikut
a.         Lancar menggunakan computer
b.         Memiliki penjelasan yang bagus
c.         Memiliki pendengaran yang tajam
d.        Memiliki banyak ide menarik
e.         Rasa ingin tahu yang tinggi
f.          Perseptif dan insightfull
g.         Rasa humor yang tinggi
h.         Memiliki ingatan jangka panjang yang sangat baik
i.           Sangat kreatif dan imajinatif
j.           Memahami konsep-konsep abstrak
k.         Dapat melakukan pekerjaan yang menantang dengan baik
l.           Penguasaan kosakata yang luas
m.       Pengamat yaang hebat
n.         Pemahaman yang baik
o.         Memiliki kemampuan verbal yang tinggi dalam diskusi

Apabila dilihat dari kemampuan –kemampuan yang membedakan mereka dari anak-anak sebayanya, maka kita akan menemukan karakteristik – karakteritik berikut pada  anak-anak berbakat.
Karakteristik kognitif
a.       Kualitas luar biasa di  informasi
b.      Ingatan yang kuat
c.       Kebiasaan perubhan minat & keinginan kemampuan menghasilkan ide-ide dan solusi yang asli’
Karakteristik bahasa
a.       Kemampuan verbal
b.      Perkembangan yang tinggi pada pengenalan bahasa dan penulisan bahasa.
c.       Perkembangan yang baik pada perkembangan sensorik
d.      Tidak kebal untuk keretakan kekurangan integrasi di antara pikiran dan badan.
Karakteristik afektik
a.       Pendekatan evaluasi terhadap diri sendiri dan lainya.
b.      Gigih, tujuan perilaku tak langsung.
c.       Kepekaan yang tak bias untuk harapan & perasaan orang lain.
d.      Tingginya kesadaran diri, menyesuaikan dengan perbedaan perasaan.
e.       Perkembangan awal  dalam focus of control dan kepuasan kedalam dan identitas emosional yang tidak biasa.
f.         Harapan yang tinggi dan lainya, sering menuju tingkat frustasi dirinya, lainya dan situasinya.
g.      Kemampuan tingkat perkembangan moral.
h.      Kemajuan kognitif dan kapasitas afektif dan konseptualisasi dan pemecahan masalah sosial.

Karakteristik Intelektual-Kognitif
a.    Menunjukkan atau memiliki ide-ide yang orisinal,gagasan-gagasan yang tidak lazim, pikiran-pikiran kreatif.
b.    Mampu menghubungkan ide-ide yang nampak tidak berkaitan menjadi suatu konsep yang utuh.
c.    Menunjukkan kemampuan bernalar yang sangat tinggi.
d.   Mampu menggeneralisir suatu masalah yang rumit menjadi suatu hal yang sederhana dan mudah dipahami.
e.    Memiliki kecepatan yang sangat tinggi dalam memecahkan masalah.
f.  Menunjukkan daya imajinasi yang luar biasa.
g.    Memiliki perbendaharaan kosakata yang sangat kaya dan mampu mengartikulasikannya dengan baik.
h.    Biasanya fasih dalam berkomunikasi lisan, senang bermain atau merangkai kata-kata.
i.      Sangat cepat dalam memahami pembicaraan atau pelajaran yang diberikan.
j.      Memiliki daya ingat jangka panjang (long term memory) yang kuat.
k.    Mampu menangkap ide-ide abstrak dalam konsep matematika dan/atau sains.
l.      Memiliki kemampuan membaca yang sangat cepat.
m.  Banyak gagasan dan mampu menginspirasi orang lain.
n.    Memikirkan sesuatu secara kompleks, abstrak, dan dalam.
o.    Mampu memikirkan tentang beragam gagasan atau persoalan dalam waktu yang bersamaan dan cepat mengaitkan satu dengan yang lainnya.

Karakteristik Persepsi/Emosi
a.    Sangat peka perasaannya.
b.    Menunjukkan gaya bercanda atau humor yang tidak lazim (sinis, tepat sasaran dalam menertawakan sesuatu hal tapi tanpa terasa dapat menyakiti perasaan orang lain).
c.    Sangat perseptif dengan beragam bentuk emosi orang lain (peka dengan sesuatu yang tidak dirasakan oleh orang-orang lain).
d.   Memiliki perasaan yang dalam atas sesuatu.
e.    Peka dengan adanya perubahan kecil dalam lingkungan sekitar (suara, aroma, cahaya).
f.     Pada umumnya introvert.
g.    Memandang suatu persoalan dari berbagai macam sudut pandang.
h.    Sangat terbuka dengan pengalaman atau hal-hal baru
i.      Alaminya memiliki ketulusan hati yang lebih dalam dibanding anak lain.

Karakteristik Motivasi dan Nilai-Nilai Hidup.
a      Menuntut kesempurnaan dalam melakukan sesuatu (perfectionistic).
b      Memiliki dan menetapkan standar yang sangat tinggi bagi diri sendiri dan orang lain.
c      Memiliki rasa ingin tahu dan kepenasaran yang sangat tinggi.
d     Sangat mandiri, sering merasa tidak perlu bantuan orang lain, tidak terpengaruh oleh hadiah atau pujian dari luar untuk melakukan sesuatu (self driven).
e      Selalu berusaha mencari kebenaran, mempertanyakan dogma, mencari makna hidup.
f       Melakukan sesuatu atas dasar nilai-nilai filsafat yang seringkali sulit dipahami orang lain.
g      Senang menghadapi tantangan, pengambil risiko, menunjukkan perilaku yang dianggap “nyerempet-nyerempet bahaya”.
h      Sangat peduli dengan moralitas dan nilai-nilai keadilan, kejujuran, integritas.
i        Memiliki minat yang beragam dan terentang luas.

Karakteristik Aktifitas
a.    Punya energi yang seolah tak pernah habis, selalu aktif beraktifitas dari satu hal ke hal lain tanpa terlihat lelah.
b.    Sulit memulai tidur tapi cepat terbangun, waktu tidur yang lebih sedikit dibanding anak normal.
c.    Sangat waspada.
d.   Rentang perhatian yang panjang, mampu berkonsentrasi pada satu persoalan dalam waktu yang sangat lama.
e.    Tekun, gigih, pantang menyerah.
f.     Cepat bosan dengan situasi rutin, pikiran yang tidak pernah diam, selalu memunculkan hal-hal baru untuk dilakukan.
g.    Spontanitas yang tinggi.




DAFTAR PUSTAKA

Kustawan Dedy, M.pd Drs. April 2013. Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta. PT Luxima Metro Media..
Hidayat S.D.dkk. (2013)  Mengembangkan Pendidikan Bagi Perserta Didik Cerdas Istimewa & Bakat Istimewa (CIBI). Jakarta. PT Luxima Metro Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar